STUDI PENINGKATAN PERTUMBUHAN DAN NILAI PERUSAHAN SEKTOR PERKEBUNAN MELALUI ANALISIS KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PROFITABILITAS

Airin Nuraini, Gen Gen Gendalasari, Heri Sastra

Abstract


Menciptakan Nilai Perusahaan menjadi bagian penting dalam operasionalisasi perusahaan. Penciptaan nilai perusahaan yang dimaksud adalah penciptaan nilai pasar atau harga saham. Penciptaan nilai perusahaan tidak mudah, dibutuhkan perencanaan, tindakan, pengolahan dan pengendalian untuk mencapai tujuan perusahaan.

Nilai perusahaan atau nilai pasar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu: faktor internal yang berhubungan dengan kinerja perusahaan dan kebijakan dividen. Sedangkan faktor eksternal yang berhubungan dengan kondisi ekonomi, politik dan bidang usaha yang berkaitan dengan perusahaan yang bersangkutan beroperasi.

Dalam faktor intern, kebijakan dividen memiliki pengaruh terhadap pergerakan nilai pasar atau nilai perusahaan yang ada di dalam bursa. Apabila dividen yang didistribusikan perusahaan kepada para pemegang saham semakin besar maka biasanya para pelaku pasar melakukan apresiasi saham perusahaan atau akan menaikan nilai pasar atau nilai perusahaan yang ada di dalam bursa. Semakin kecil dividen yang didistribusikan kepada para pemegang saham semakin menurunkan nilai pasar atau nilai perusahan yang ada didalam bursa. Hal ini terjadi karena dividen merupakan distribusi laba yang dibagikan perusahaan kepada para pemegang saham yang juga merupakan arus kas jangka pendek bagi pemegang saham, yang artinya bahwa dividen merupakan pendapatan atau penghasilan bagi para pemegang saham.

Selain dari kebijakan dividen, kinerja perusahaan juga memiliki pengaruh di dalam naik turunnya nilai pasar atau nilai perusahaan. Kinerja perusahaan yang baik digambarkan dengan tingkat kemampulabaan perusahaan yang baik juga. Kemampulabaan itu merupakan tingkat laba yang dapat dicapai perusahaan. Kemampulabaan yang dihasilkan oleh perusahaan juga akan menggambarkan kualitas dari manajemen dalam mengelola sumber daya perusahaan. Tingkat kemampulabaan yang tinggi akan memberi gambaran kepada para pemegang saham bahwa perusahaan akan mendapatkan laba yang tinggi.

Manajemen keuangan perlu mengukur besaran dividen yang dibagikan perusahaan kepada pemegang saham dan kemampulabaan perusahaan agar dapat menciptakan nilai pasar saham atau nilai perusahaan yang baik dan meningkat secara berkesinambungan. Hal ini berarti manajemen harus mempertahankan kepercayaan pasar agar harga saham tidak turun, disisi lain manajemen juga harus dapat memanfaatkan kesempatan investasi untuk meningkatkan kemampulabaan perusahaan.

Karenanya menjadi penting untuk melakukan analisis dalam bentuk “Studi Peningkatan Pertumbuhan dan Nilai Perusahan Sektor Perkebunan Melalui Analisis Kebijakan Dividen dan Profitabilitas”

Untuk mempermudah uraian pembahasan, berikut ini perumusan masalah penelitiannya:
  1. Bagaimana pengaruh kebijakan dividen terhadap pertumbuhan Perusahan Sektor Perkebunan?
  2. Bagaimana pengaruh kemampulabaan terhadap pertumbuhan Perusahan Sektor Perkebunan?
  3. Bagaimana pengaruh kebijakan dividen dan kemampulabaan terhadap pertumbuhan Perusahan Sektor Perkebunan?
  4. Bagaimana pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan Perusahan Sektor Perkebunan?
  5. Bagaimana pengaruh kemampulabaan terhadap nilai perusahaan Perusahan Sektor Perkebunan?
  6. Bagaimana pengaruh kebijakan dividen dan kemampulabaan terhadap nilai perusahaan Perusahan Sektor Perkebunan?

Full Text: XML PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.