Analisis Kualitas Website Bank Bni Menggunakan Pendekatan Webqual Dan Importance Performance Analysis (Ipa)

Mahir Pradana, Muhammad Ichsan

Abstract


Di zaman sekarang, kegunaan website menjadi primadona bagi perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa mereka. Salah satu website yang mengikuti tren yang ada adalah www.bni.co.id. Web milik Bank BNI itu memberikan sebuah system layanan perbankan yang modern. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kualitas www.bni.co.id berdasarkan penilaian pengguna terhadapĀ  kualitas aktual yang dirasakan dan kualitas ideal yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan dimensi WEBQUAL yaitu usability, information quality, dan service interaction yang dinilai berdasarkan perspektif tingkat kinerja (performance) dan tingkat kepentingan (importance). Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 pengguna dengan menggunakan teknik sampling insidental. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan terdapat nilai kesenjangan (gap) yang bernilai negatif antara kualitas aktual (performance) dan kualitas ideal (importance) sebesar (-0,18). Nilai kesenjangan (gap) paling besar adalah dimensi information quality dengan nilai (-0,40).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.