Analisis Pelayanan Hotel terhadap Kepuasan Tamu

Morita Morita, Tarida Marlin Surya Manurung

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana bentuk pelayanan hotel dan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa hotel serta hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh hotel dalam memberikan pelayanan guna mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Dari hasil hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung > t table yang artinya antara pelayanan hotel (variable x) dengan tingkat kepuasan pelanggan (variable y) saling mempengaruhi.

Didapatkan hasil regresi sebesar y=24,46+0,60X artinya jika nilai x bertambah, maka nilai y akan bertambah sebesar 0,60 kali. Koefisien korelasi sebesar 0,598 menunjukan bahwa variable x dan variable y cukup kuat dan positif (mendekati r=+1) hal ini membuktikan bahwa peningkatan pelayanan akan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 35,76% artinya pelayanan hotel memberikan kontribusi sebesar 35,76% terhadap tingkat kepuasan pelanggan sedangkan sisanya sebesar 64,24% meurpakan kontribusi factor-faktor lainnya.

Keywords: manajemen pemasaran; pelayanan pelanggan

Keywords


manajemen pemasaran; pelayanan pelanggan

Full Text: PDF