Studi Tentang Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan Studi Kasus pada PT Anta Express Tours & Travel Service, Tbk

H. Moermahadi Soerja Djanegara, Maicella Chandra Haryadi

Abstract


Tujuan penelitian mengetahui sejauhmana peranan internal audit terhadap peningkatan pengendalian intern penjualan serta membandingkan antara teori pelaksanaan pemeriksaan yang dilakukan auditor internal terhadap pengendalian intern penjualan dengan kenyataan yang ada.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Peranan internal audit sebagai badan independen pada PT. Anta Express Tour & Travel Service, Tbk. dikatakan telah berjalan efektif karena perusahaan dapat meningkatkan pengendalian intern penjualannya untuk setiap cabang. Dengan demikian tujuan perusahaan dalam pencapaian efektivitas dan efisiensi operasi perusahaan, keandalan pelaporan keuangan serta kepatuhan terhadap kebijakan telah terpenuhi.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa peranan internal audit melalui pemeriksaan yang dilakukan secara rutin sangat memberikan pengaruh terhadap peningkatan efektivitas pengendalian intern penjualan pada PT. Anta Express Tour & Travel Service, Tbk. Pengendalian intern yang kuat juga dapat meminimalisasikan kesalahan, kurang akuratnya suatu informasi dan menghindari adanya penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Keywords: Internal Audit; Pengendalian Intern Penjualan.

Keywords


Internal Audit; Pengendalian Intern Penjualan

Full Text: PDF