Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Calon Nasabah Pada BPRS BOTANI

  • Pusvita Wijaya Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Suharmiati Suharmiati Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: customer service, pelayanan, nasabah, bprs

Abstract

Customer service ialah setiap kegiatan yang diperuntukan untuk memberikan kepuasan nasabah melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah. Pelayanan ialah usaha melayani kebutuhan orang lain, yang pada dasarnya pelayanan adalah kegiatan yang ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan yang dilayani, yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki.  

Tujuan dari pembahasan ini yaitu: (1) untuk mengetahui peranan customer dalam meningkatkan mutu pelayanan nasabah di BPRS Bogor, (2) Untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami oleh customer service dalam meningkatkan mutu pelayanan pada nasabah BPRS Botani, (3) Untuk mengetahui cara mengatasi hambatan yang dialami customer service dalam meningkatkan mutu pelayanan, (4) Perbandingan teori dengan hasil selama praktek kerja lapangan.

Hasil pembahasan ini menunjukan bahwa (1) pelayanan pada calon nasabah yang dilakukan PT Bank Perkreditan Rakyat Syaria Botani sudah sesuai dengan teori dan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan oleh PT Bank Perkreditan Rakyat Syaria Botani. (2) hambatan-hambatan yang dialami meliputi hambatan system, ketidak pahaman calon nasabah dan ketidak lengkapan berkas dalam permohonan pembukaan rekening. (3) hambatan-hambatan ini dapat diatasi dengan cara menghubungi bagian IT, menjelaskan kembali kepada calon nasabah dan meminta kartu tanda pengenal kepada calon nasabah, (4) pelayanan yang dijalankan oleh customer service terdapat kesesuaian dengan teori yang ada.

 

 

 

Kata kunci : pelayanan, peran, customer servie

Published
2022-04-13