Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor

  • Febry Lodwyk Rihe Riwoe
  • Mumuh Mulyana Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: pendampingan, promosi digital, media sosial, umkm.

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, trend di dunia bisnis menjadi semakin bervariasi. Salah satunya adalah trend digital marketing. Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas, sehingga tidak heran jika kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Media Social telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat, seiring dengan peningkatan kepemilikan telpon genggam atau gawai lainnya.  Fenomena ini menjadi peluang bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan dengan mneggunakan media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan baik itu produk maupun jasa. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguasaan dalam teknologi informasi khususnya media social marketing.

Di era digital (Industri 4.0) ini bisnis harus mengikuti perkembangan zaman agar tetap bertahan / survive. Pesatnya pertumbuhan pengguna internet dan telepon merupakan potensi bagi ekonomi digital nasional. Ini merupakan peluang dan tantangan bagi dunia bisnis untuk bersaing dan mendapatkan market share atau pangsa pasar pada masing-masing segmen. Market share merupakan salah satu strategi bisnis yang harus dilakukan oleh setiap bisnis karena market share juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menentukan keberhasilan bisnis dalam menguasai pasar. Strategi bisnis yang tidak efektif akan membawa kerugian bagi pelaku bisnis.

Hal ini menjadi tantangan besar bagi pelaku UMKM yang menjual produk hanya dari toko fisik. Dampak revolusi industri 4.0 tentu akan sangat berpengaruh terhadap pelaku UMKM yang belum melek terhadap teknologi. UMKM yang masih berjualan secara manual tentu akan tergilas dengan adanya e-commerce yang secara aktif menarik pelanggan untuk berbelanja secara online apalagi pada masa pandemi seperti saat ini.

Pendampingan penggunaan Social Media bagi UMKM ini membekali peserta pelatihan agar memiliki kemampuan menggunakan Social Media Marketing secara optimal sehingga dapat memasarkan produk maupun jasa secara lebih luas, yang pada akhirnya terjadi peningkatan omset dalam penjualan.

Kata Kunci  :  Teknologi Informasi, Social Media, Pemasaran, UMKM

Published
2022-01-06
How to Cite
Riwoe, F., & Mulyana, M. (2022). Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 3(1), 25 - 32. https://doi.org/10.37641/jadkes.v3i1.1389