Pengaruh Keamanan, Kemudahan Transaksi dan Persepsi Resiko terhadap Minat Beli

Studi Kasus Pada Tokopedia

  • Sugiyanto Sugiyanto Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Mumuh Mulyana
Keywords: Kemudahan Transaksi, Persepsi Resiko, Belanja Online, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keamanan, Kemudahan Transaksi dan Persepsi Risiko terhadap Minat Beli secara online pada situ Tokopedia. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna aplikasi tokopedia di masyarakat Kota Bogor. Dengan mengunakan teori Roscoe maka responden dalam penelitian ini berjumlah 154 responden untuk dijadikan sampel dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Skala pengukurannya digunakan skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalahh analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program AMOS Ver.22.

            Dari hasil penelitian, Keamanan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli di Tokopedia. Hal ini ditunjukan dengan bahwa nilai t hitung 2,158 lebih besar dari 1,96 atau nilai P 0,031 lebih kecil dari 0,05, sedangkan Kemudahan Transaksi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli di Tokopedia. Hal ini ditunjukan dengan bahwa nilai t hitung 2,742 lebih besar dari 1,96 atau nilai P 0,006 lebih kecil dari 0,05, sedangkan Persepsi Resiko mempunyai pengaruh negatif tidak signifikan terhadap Minat Beli di Tokopedia. Hal ini ditunjukan dengan bahwa nilai t hitung -1,651 lebih kecil dari 1,96 atau nilai P 0,099 lebih besar dari 0,05. Pengaruh variabel yang terkuat terdapat pada variabel Kemudahan Transaksi sebesar 0,574 terhadap Minat Beli, dan pengaruh Keamanan, Kemudahan Transaksi, Persepsi resiko terhadap Minat Beli adalah positif dengan total pengaruh sebesar 48,3%.

           

 

Kata kunci : Keamanan, Kemudahan Transaksi, Persepsi Risiko dan Minat Beli

Published
2020-12-01
How to Cite
Sugiyanto, S., & Mulyana, M. (2020). Pengaruh Keamanan, Kemudahan Transaksi dan Persepsi Resiko terhadap Minat Beli. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 21 - 30. Retrieved from https://jurnal.stiekesatuan.ac.id/index.php/jikes/article/view/404