Pengaruh Promosi melalui Sosial Media dan Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian

Studi Kasus Marketplace Zomato pada Generasi Millenial di Kota Bogor

  • Rendy Dwi Putra Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Budi Setiawan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: Social Media Promotion, Online Customer Reviews, Purchase Decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh antara Promosi melalui Sosial Media dan Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Marketplace Zomato pada Generasi Millenial di Kota Bogor ). Penelitian ini menggunakan variable independent yaitu Promosi melalui Sosial Media dan Online Customer Reviews. Variabel dependennya adalah Keputusan Pembelian. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder.

Sampel penelitian ini adalah konsumen yang sudah membeli makanan dan minuman di restoran atau kafe melalui aplikasi Zomato. Sampel dilakukan dengan metode Hair et al sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner disebarkan langsung kepada konsumen yang telah membeli makanan dan minuman di restoran atau kafe melalui aplikasi Zomato sebanyak 130 responden. Metode statistic menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik t.

Hasil penelitian ini menjukan positif dan signifikan pada variable Promosi melalui Sosial Media dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel (2,779>1,96) dan variabel Online Customer Reviews t-hitung lebih besar dari t-tabel (5,349>1,96).

 

Kata Kunci : Promosi melalui Sosial Media, Online Customer Reviews, Keputusan Pembelian.

Published
2020-12-01
How to Cite
Putra, R., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Promosi melalui Sosial Media dan Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 31 - 40. Retrieved from https://jurnal.stiekesatuan.ac.id/index.php/jikes/article/view/405