Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Terhadap Pengendalian Internal Kas

  • Martha Tresya Carolina Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Udi Pramiudi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Iis Wahyuni Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: penerimaan kas, sistem informasi, pengendalian internal, pengeluaran kas

Abstract

Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu sarana untuk manejemen dalam melakukan pengendalian internal yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran kas agar pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Penerimaan dan pengeluaran kas merupakan hal yang penting karena merupakan suatu kegiatan yang saling berkesinambungan. Dimana penerimaan dan pengeluaran kas yang terjadi nantinya akan dijadikan sebuah laporan keuangan untuk diberikan kepada direktur agar divalidasi dan diotorisasi.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas, mengetahui pengendalian internal kas, dan untuk mengetahui sitem informasi Akuntansi penerimaan dan pengeluaran kan terhadap pengendalian internal kas.

 

Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan objek penelitian berdasarkan fakta dan data yang ada di subjek penelitian kemudian di Tarik menjadi suatu kesimpulan

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas di PT. Embrio Biotekindo masih belum memadai karena sistem yang digunakan perusahaan tidak berkesinambungan antara penerimaan dan pengeluaran kas.

 

Pengendalian internal kas di PT. Embrio Biotekindo mempunyai tujuan untuk memberikan informasi yang akurat agar dapat berguna bagi perusahaan dalam mengambil keputusan. Dengan dibantu komponen yang mencangkup pengerndalian internal kas seperti lingkungan pengendalian, manajemen resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan.

 

Sistem informasi Akuntansi penerimaan kas dan pengeluaran kas terhadap pengendalian internal kas di PT Embrio Biotekindo dapat meningkatkan pengendalian internal kas karena segala transaksi atas penerimaan dan pengeluaran kas dapat terdata pada sistem. Namun, untuk pelaporan keuangan perusahaan masih menggunakan penginputan manual menggunakan excel.

 

 

 

Kata Kunci : Penerimaan Kas, Pengeluaran Kas, Pengendalian Internal

Published
2021-12-10
How to Cite
Carolina, M., Pramiudi, U., & Wahyuni, I. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Terhadap Pengendalian Internal Kas. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(2), 117 - 126. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i2.890