Analisis Kebijakan Manajemen Keuangan jangka panjang (Studi kasus pada PT Ciputra Development Tbk)

Main Article Content

Rio Pamungkas
Ratih Puspitasari

Abstract

Kebijakan manajemen keuangan jangka panjang merupakan kebijakan yang berhubungan dengan modal perusahaan. Pendanaan perusahaan dapat berasal dari hutang atau ekuitas yang dimiliki perusahaan. Ekuitas perusahaan dapat berasal dari modal sendiri dan modal pemegang saham atau obligasi.


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kebijakan keuangan jangka panjang pada PT Ciputra Development TBK untuk mengetahui sumber modal yang di gunakan oleh perusahaan; untuk mengetahui kinerja keuangan jangka panjang perusahaan.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perusahaan lebih dominan menggunakan ekuitas dari pada hutang untuk keperluan modal perusahaan. Hal tersebut ditunjukan oleh rasio DAR yang rata – rata selama 5 tahun hanya mencapai 32,2% artinya modal perusahaan yang dibiayai dengan hutang hanya 32,2% baik hutang jangka panjang dan hutang jangka pendek. Sedangkan rasio DER 67,8% artinya modal perusahaan yang didanai oleh ekuitas sendiri dan dana dari pemegang saham PT Ciputra Development Tbk lebih besar persentasinya dari modal yang memanfaatkan hutang jangka panjang atau jangka pendek

Article Details

Section
Articles