Analisis Loyalitas Merek Pada Konsumen Minuman Kesehatan

Studi Kasus Minuman YouC1000

  • Tito Muhamad Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Heni Nastiti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Loyalitas merek, kepuasan pelanggan, promosi, citra merek, minuman Kesehatan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan, promosi dan citra merek terhadap loyalitas merek serta pengaruh citra merek sebagai variabel mediasi.  Populasi dalam penelitian ini adalah target demografi konsumen YouC1000 berusia 15-30 tahun.  Ukuran sampel diambil sebanyak 75 responden, dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online berbentuk google form.  Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis inferensial melalui PLS (Partial Least Square) dengan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, (2) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, (3) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, (4) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, (5) Citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek, (6) Kepuasan pelanggan melalui citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek, (7) promosi melalui citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek. Serta memiliki nilai R-Square adjusted sebesar 0,685.

Published
2020-12-10
How to Cite
Muhamad, T., & Nastiti, H. (2020). Analisis Loyalitas Merek Pada Konsumen Minuman Kesehatan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 213 - 224. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.344