Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor

  • Raynaldo Donovan S. Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Adil Fadillah
Keywords: Customer satisfaction, Hotel

Abstract

Untuk dapat meningkatkan kepuasaan Pelanggan,perusahaan dituntut untuk memiliki strategi yang tepat agar dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan nya. Kualitas pelayanan,Strategi Lokasi,dan Harga dapat menjadi faktor bagi perusahaan untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan Pada Hotel 101 di Suryakencana kota bogor,(2) untuk mengetahui pengaruh Strategi Lokasi terhadap kepuasaan pelanggan Pada Hotel 101 di Suryakencana kota  bogor,(3) untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap kepuasaan pelanggan pada hotel 101 di Suryakencana kota bogor,dan (4) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,Strategi Lokasi,dan Harga secara bersama-sama terhadap kepuasaan pelanggan Hotel 101 di Suryakencana kota bogor. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dari seluruh pengunjung di Hotel 101 Suryakencana kota Bogor.Data penelitian ini diolah menggunakan SPSS 2018. Hasil dari penelitian sebagai berikut : (1) Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan Hotel 101 di Suryakencana kota bogor dengan nilai signifikan 0,004,(2) Strategi Lokasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan Hotel 101 di Suryakencana kota bogor dengan nilai signifikan 0,003,(3) Harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan Hotel 101 di Suryakencana kota bogor  dengan nilai signifikan 0,000,(4) Kualitas pelayanan,Strategi Lokasi dan Harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan dengan nilai signifikan 0,000.(5) persamaan Regresi Y=3,330+0,158X1+0,147X2+0,231X3

 

KataKunci:Kualitas pelayanan,StrategiLokasi,Harga,dan Kepuasaan Pelanggan

References

Ali, H. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Barata, Atep Adya. 2004. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Goetsch & Davis 2013 Quality management,Fourth edition.cram101 Incoporated
Gronroos,Christian.2010.service management and marketing:Customer Management in service.Third edition,john Wiley & Sons.
Ghozali,Imam.2009.Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS. Badan penerbit Universitas Diponegoro,Semarang.
Hermawan,Asep dan Husna Leila Yusran.2017.penelitian bisnis pendekatan kuantitatif.kencana,Depok.
Hermawan, Kertajaya. "Marketing Plus 2000." Siasat Memenangkan Persaingan Global (2002).
Irawan , Handi, 2009, Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan, Penerbit Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia Jakarta
Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.
Kotler,Philip dan keller,kevin Lane.2009.Manajemen pemasaran.edisi ketiga belas jilid 1. Penerjemah: Bob Sabran,MM.Erlangga,Jakarta.
Kotler , Philip; and Amstrong Garry.2012,prinsip-prinsip pemasaran.Edisi 13.Jilid 1.jakarta:Erlangga
Lovelock, C., dan Gummesson. (2011). Pemasaran Jasa (Seventh ed.). Erlangga
Lovelock, C., (2011). Pemasaran Jasa 2 (Seventh ed.). Erlangga
Lupiyoadi,Rambat,(2013):Manajemen pemasaran jasa.jakarta:Salemba Empat.
Lupiyoadi, C., & Hamdani, A. (2008). Marketing Management Services.
Levy,weitz,2007, Retailing management, New York,McGraw-Hill
Solomon, Michael R. (2011). Consumer Behavior : Buying, Having and Being, 9th ed, New Jersey: Pearson Addison Wesley.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tjiptono,Fandy 2014. Pemasaran jasa-prinsip, penerapan, dan penelitian ANDI, Yogyakarta
Markadikawanti,woro,dan Farida Nailil.2013.pengaruh Nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan,melalui kepuasaan pelanggan pada pelanggan Bus Efisiensi (Studi PO efieisiensi Jurusab Yogyakarta-cilacap).Jurnal Administrasi BIsnis.Vol 2(1):64-75
Hardiyanti, Ratih. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Universitas Diponegoro.
Rayi Endah. 2008. Pengaruh kualitas layanan , kualitas produk , dan harga terhadap kepuasan pelanggan restoran warung Taman Singosari Semarang. Universitas Dipenegoro Semarang.jurnal stratification vol 1(1)
Swastika (2005). Pengaruh Pelayanan Prima (Service Exellent) Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Skripsi Ekonomi.
Adi, S., Martani, D., Pamungkas, B. and Simanjuntak, R.A., 2016. Analysis of the quality of performance report of the local government on websites: Indonesian case. Cogent Business & Management, 3(1), p.1229393.
Iriyadi, I., 2019. Prevention of Earnings Management through Audit Committee and Audit Quality in the Award-Winning and Non-Winning Companies. Journal of Accounting Research, Organization and Economics, 2(2), pp.155-169.
Published
2020-06-10
How to Cite
Donovan S., R., & Fadillah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 1 - 8. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.322