Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Adventure Theme Park

Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Kesatuan

  • Mikdam Luthfi Aziz STIE Kesatuan
  • Sulistiono Sulistiono Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: Consumer Behavior, Advertising, brand image, purchasing intention

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen secara langsung dan secara tidak langsung. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa STIE Kesatuan yang pernah berkunjung ke The Jungleland Adventure Theme Park Bogor. Sampel ditentukan dengan metode purporsive sampling. Penelitian dilaksanakan pad Januari sampai dengan April 2019. Data dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan variable sikap konsumen, peirklanan, brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli (berkunjung) konsumen ke The Jungleland Adventure Themepark.

 

Kata Kunci: sikap konsumen, periklanan, brand image, minat beli konsumen

References

Aaker. A. David. (2008). Manajemen Ekuitas Merek. Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.
Dharmmesta, B.S. & Handoko, T.H. (2008). Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku
Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.
Fadillah, A., Sujana, S. and Sukartaatmadja, I., 2019. Kajian Minat Studi Lanjut Siswa-Siswi SMA dan SMK Kota Bogor Ke Perguruan Tinggi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 3(1), pp.53-62.
Ferdinand, A. (2002). Kualitas Strategi Pemasaran: Sebuahstudi Pendahuluan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(1).Konsumen. Yogyakarta.
Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011.Manajemen Pemasaran. Bandung: CV.Yrama Widya
Kotler dan Amstrong, Yudhi.2008, “Kualiatas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya
Kotler, Philip, dan Gary Armstrong, 2008. Prinsip –Prinsip Pemasaran. ABahasa oleh Bob Sabran.Jilid 1. Edisi Kedua Belas. Cetakan Kelima. Jakarta: Erlangga
Kotler, Phillip, dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. 2008. Manajemenen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Phillip, dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta.
Munawar, A., Syarif, R. and Morita, M., 2019. Persepsi Mahasiswa Atas Galeri Investasi Perguruan Tinggi dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berinvestasi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 3(2), pp.89-96.
Purba, J.H.V., Ratodi, M., Mulyana, M., Wahyoedi, S., Andriana, R., Shankar, K. and Nguyen, P.T., 2019. Prediction Model in Medical Science and Health Care. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 8, pp.815-818.
Rahman C. 2013. Skripsi : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisata di Taman
Sumarwan,U.(2011).Perilaku KonsumenTeoridanPenerapannyaDalam Pemasaran, Edisi 2.Bogor: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy (2009), Strategi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha.
Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar.(2008). Consumer Behaviour.7th Edition(Perilaku Konsumen). PT. Indeks. Jakarta.
Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2009 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualiatif. Bandung:CV.Alfabeta
Sumarwan,U.(2011).Perilaku KonsumenTeoridanPenerapannyaDalam Pemasaran, Edisi 2.Bogor: Ghalia Indonesia.
Schiffman, L. G.,. & Kanuk, L. L. 2004. Consumer Behaviour. 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc
Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.Tjiptono, Fandy, 2015 . Brand Management & Strategy. Yogyakarta
Zuhdi, S., Daud, A., Hanif, R., Nguyen, P.T. and Shankar, K., 2019. Role of Social Media Marketing in the Successful Implementation of Business Management. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8.
Published
2020-06-29
How to Cite
Aziz, M., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Adventure Theme Park. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 43 - 52. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.326